oleh

PemDes Pinaling Melakukan MusDes LPJ APB Tahun 2023

Minsel.Teraskata.com_Pemerintah Desa Pinaling kecamatan Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan melaksanakan Kegiatan Musyawarah Desa (MusDes) Laporan Pertanggung jawaban Realisasi Anggaran Pendapatan dan belanja Desa Tahun Anggaran 2023. kegiatan ini di pimpin langsung oleh  Jeanne Ratu sebagai Pjb Hukum Tua Desa Pinaling, Senin 8 Juli 2024 Bertempat di Balai Pertemuan Umum Desa.

Kegiatan MusDes tersebut di hadiri oleh oleh semua prangkat Desa dan BPD serta masyarakat Desa Pinaling, Pelaporan dan pertanggung jawaban keuangan desa adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan hal-hal yang berhubungan dengan hasil pekerjaan yang telah dilakukan selama satu periode  sebagai bentuk pelaksanaan tanggung jawab (pertanggungjawaban) atas tugas dan wewenang yang diberikan.

Menurut Hukumtua Jeanne Ratu, Manfaat pelaporan keuangan desa yaitu mengetahui tingkat efektivitas, efisiensi, dan kemanfaatan pengelolaan sumber daya ekonomi oleh desa dalam 1 tahun anggaran; dapat mengetahui nilai kekayaan bersih desa sampai dengan posisi terakhir periode pelaporan; sebagai alat evaluasi kinerja aparatur desa; sebagai sarana pengendalian terhadap kemungkinan praktik penyalahgunaan atau penyimpangan pengelolaan keuangan; sebagai wujud riil implementasi asas transparansi dan akuntabilitas yang diamanatkan undang-undang.Pada Pasal 68 dan 69 Permendagri 20/2018, Kepala Desa menyampaikan laporan  pelaksanaan APB Desa semester pertama  kepada Bupati/Wali Kota melalui camat. Laporan sebagaimana dimaksud pada ayat (1)  terdiri dari, laporan pelaksanaan APB Desa; dan laporan realisasi kegiatan. Kepala Desa menyusun laporan sebagaimana  dimaksud pada ayat (2) dengan cara  menggabungkan seluruh laporan sebagaimana  dimaksud dalam Pasal 56 paling lambat minggu  kedua bulan Juli tahun berjalan. Ucap Ratu

Ditambakan oleh pejabat Hukumtua marilah kita menciptakan Desa yang kita cintai dengan situasi aman dan nyaman dan Ratu juga mengajak semua mendukung program pemerintah karena apa yang di programkan oleh desa tentu harus sejalan dengan program dari Pemerinta Kabupaten dalam halini Bupati Franky D Wongkar SH yang bersinergi agar semua program pembagunan desa kita bisa berjalan dengan baik. Tentunya saya menyampaikan terimakasih atas kehadiran dari semua peserta rapat MusDes semoga apayang kita bahas saat ini mejadikan Desa Pinaling lebih maju, berkepribadian dan Sejahtera. Tutup Jeanne 

Kegiatan MusDes tersebut setelah selesai di lanjutkan dengan penandatangan berita acara yang di tandatangani oleh pihak Pemerintah, BPD, Saksi dan perwakilan masyarakat Desa Pinaling. 

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Prangkat Desa,Pengurus BPD, BUMDES, Toko Agama serta perwakilan masyarakat Desa. (Wel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed