oleh

Dinkes Minsel Menerapkan Langka Antisipasi Malaria

Minsel.Teraskata.com- Mengatisipasi mencegah  berkembangnya penyakit Malaria, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel)  khususnya Dinas Kesehatan (Dinkes) menerapkan berbagai langkah antisipasi.

Apalagi malaria merupakan penyakit berbahaya tentunya sangat penting untuk melakukan pencegahan  guna menghindari gigitan nyamuk

Berbagai langkah antisipasi terus dilakukan seperti memakai pakaian yang menutupi tubuh dengan dan menggunakan kelambu serta obat-obatan profilaksis. Lindungi diri di waktu-waktu tertentu, hindari daerah yang terkena malaria, membersihkan lingkungan.

Kepala Dinkes Minsel dr Wiwin Opot ketika ditemui media ini 24 September 2023 mengatakan, malaria dapat menjadi berbahaya karena parasit yang menyebabkan penyakit yang dapat menyerang sel-sel darah merah dalam tubuh manusia juga menghancurkannya.

“Dan sebagai akibat, tubuh tidak dapat mengangkut oksigen dengan efektif, sehingga menyebabkan anemia berkembangnya penyakit malaria. Intinya jika tidak diobati malaria dapat menyebabkan komplikasi serius seperti kerusakan organ, koma, bahkan kematian.” Kata Opot.

Ditambahkan, malaria juga dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang seperti kerusakan otak dan cacat fisik pada anak-anak yang terinfeksi saat masih dalam kandungan. Selain itu, malaria dapat berdampak negatif pada ekonomi dan perkembangan sosial, terutama di negara-negara berkembang yang terkena dampak paling besar dari penyakit ini.“Untuk menghindari bahaya malaria, penting untuk melakukan pencegahan penyakit, dengan melakukan Skrinning Malaria, penyelidikan epidemiologi dan survei kontak malaria, Skrinning dan pembagian kelambu disekitar rumah penderita malaria, Surveilens Migrasi dan skrinning malaria dan melakukan larvasidasi. Yang pasti sejumlah hal ini harus dilakukan guna mengantisipasi penyebaran penyakit malaria.” tutup Opot (Wel/Adv Dinkes)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed