oleh

Peringatan Hardiknas, SMPN 1 Tenga dan SMPN 2 Amurang Atraksi Bawakan Tarian

TERASKATA.COM, Minsel – Dalam merayakan upacara dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022 dan Apel Korpri, tim kesenian SMPN 1 Tenga dan SMPN 2 Amurang atraksi di hadapan Bupati dan wakil Bupati serta seluruh peserta upacara yang hadir, Selasa (17/05/22).

Setelah upacara pengibaran bendera selesai dilaksanakan, siswa-siswi SMPN 2 Amurang mendapatkan tampil pertama untuk membawakan tarian Maengket yang merupakan ciri khas tarian budaya Minahasa.

Dalam penampilannya tersebut, terlihat saat ini pendidikan kebudayaan sangat menjadi ujung tombak untuk melestarikan budaya leluhur daerah Minahasa Selatan (Minsel).

Dan tampilan kedua tidak kalah menariknya, SMPN 1 Tenga membawakan tarian yang baru diperkenalkan yaitu Tarian muda-mudi Minsel.

Di mana tarian tersebut menceritakan hidup gotong royong atau dikenal Mapalus dalam pertanian dengan tetap beradaptasi adanya perkembangan zaman.

Salah satu peserta upacara, Tommy mengatakan, penampilan yang dibawakan dari kedua sekolah tersebut sangat baik dan ini yang diharapkan kebudayaan harus ditingkatkan jujur sangat terhibur dan penu makna.

“Kalau boleh semua sekolah harus ada seperti ini. Sekolah juga harus belajar bahasa daerah yang ada karena itu adalah bahasa Ibu kita,” ucap Tommy.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Amurang, Paula HD Moonik SPd mengaku sangat bersyukur siswa-siswinya bisa tampil dengan baik dan ini sudah merupakan program dari sekolah dengan tujuan bukan hanya memperkenalkan tarian daerah Maengket saja, tapi bisa dipraktekkan.

“Ini menjadi bekal siswa dan siswi. Karena kebudayaan merupakan hal kompleks yang mencakup beberapa hal di dalamnya seperti kepercayaan, kesenian, hukum, moral, adat istiadat, serta kemampuan yang dapat diperoleh manusia sebagai bagian dari kelompok masyarakat tersebut,” kata Paula.(adve/diskominfo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed